Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

CARA MERAWAT PRASASTI PNPM

http://bodinlingga.blogspot.com/
Prasasti PNPM
             Setiap kegiatan PNPM yang berupa sarana -prasarana , selalu mewajibkan Team Pengelola Kegiatan ataua TPK untuk menayangkan atau membuat prasasti dan papan Nama proyek kegiatannya.Hal ini dimaksudkan sebagai sarana informasi bagimasyarakat dan merupakan sarana transparansi dari sebuah kegiatan swakelola oleh masyarakat, agar tidak timbul buruk-sangka atau apriori terhadap para pelaku PNPM ditingkat Desa .
  Prasasti PNPM yang di buat oleh teman-teman TPK ini biasanya dipampangkan di awal batas lokasi pembuatan sarana-prasana , bila berupa jalan baik aspalt, telford atau makadam , atau TPT ( Tembok penahan Tanah ), saluran irigasi dan  selokan atau sejenisnya. Bila Kegiatannya berupa gedung TK atau POSKESDES biasanya ditampilkan didepan gedung tsb, dalam aturan terbaru ada kewajiban untuk mengecat genthengnya dengan Tulisan " PNPM MPd " diatas gentheng gedung tersebut .Nah...yang akan kita sampaikan disini adalah tip-tip untuk merawat prasasti PNPM anda, agar prasasti ini tetap menjadi sebuah kenangan yang manis kehidupan kita dalam rangka berpartisipasi " membangun desa "
               Sebagaiman kita maklumi bahwasanya dalam PNPM ada tim yang bertugas sebagai pemelihara kegiatan yang telah ada dilokasi tertentu. Tim ini biasanya disebut sebagai Tim Pemelihara, nah mungkin saja perawatan prasasti PNPM ini merupakan tugas dan tanggungjawab dari Tim Pemelihara ini.Tim ini biasanya terdiri dari 3 orang, yakni Ketua, Sekretaris dan Bendahara, Biasanya untuk Tim ini melibatkan perangkat desa atau Kepala Dusun sebagai salah satu anggota Tim, agar dalam mengkoordinasi kegiatan pemeliharaan ini bisa " gathuk lan mathuk " dengan kegiatan-kegitan pemeliharaan sarana-prasarana lain didesa, biasanya berupa gugur gunung atau bergotong royong .
               Tahap awal yang perlu dipersiapkan untuk pemeliharaan prasasti PNPM ini antaralain :
Alat-alat: 1.Ember...jangan lupa isi dengan air....
               2. Silet kecil/ cutter/ silet buat cukur kumis juga butuh 2 biji
               3.Ampelas.
               4.Kuas besar dan kuas lukis
               5.Sikat untuk mencuci baju  ( Yang sudah nggak terpakai saja...nanti bisa dimarahin istri....)
               6. Lap kain... ( Jangan pakai baju baru... yang ini .....istri bisa ngamuk beneran  ....)
Bahan-Bahan :
                1.  Sabun cuci
                2.  Cat, sesuai jumlah warna yang ada diprasasti anda.
                3.  Obat Poles marmer ( Berwarna kuning  bisa pesan di kami, harga perkg 85 Ribu ) satu Kg                      cukup untuk bersihkan prasasti Sekabupaten / sekitar 100 lembar ....
                4.  Lem Resin dan katalis  Jika ada  teks yang rusak atau prasasti yang pecah( harga perliter -                   Rp 45.000,- cukup untuk membenahi prasasti sekabupaten, makanya patungan untuk beli..
                     Katalis perbotol 100Ml harg Rp 10.000,- perliter butuh sekitar  5 botol.
                5. Cairan pengkilap motor, kayak Sanpoly atau jenis silikon mobil yang lainnya ...
Langkah-langkah perawatan , Mula-mula bersihkan prasati PNPM anda dengan cara dicuci dengan sabun cuci, sehingga kotoran-kotoran yang menempel baik itu berupa debu atau lumpur jalanan , semua hilang. Langkah kedua bilas sampai bersih lalu keringkan, sekering mungkin. 
 
Gambar 1: Beginilah kira-kira hasil prasasti PNPM yang baru dikerokin catnya...
Langkah ketiga bersihkan  cat yang ada di teks atau logo anda dengan silet, hal ini perlu ketelatenan  dan tingkat kerajinan super,sampai bersih.. kalau kurang-kurang dikit nggak apa-apa...dah...Juga cat-cat yang ada diloggo PNPM dan DEPDAGRI atau loggo-loggo lainnya .Tambal teks-teksnya yang sudah melebar kesana sini.. caranya: Campurkan Lem resin sebanyak tiga sendok makan, diaduk rata dengan 3_5 tetes katalistnya, pake  semen putih untuk bahan tambahan hingga adonan ratadan Kalis kayak roti mentah. Oleskan ke teks-teks yang sudah rusak, sebelum benar-benar kering bentuk sesuai huruf yang rusak, sesuaikan dengan  font  teks anda Membentuk font ini bisa mempergunakan silet atau cutter.Tunggu hingga kering lagi.Kemudian dibersihkan, Setelah bersih , saput dengan kuas untuk memastikan tidak ada sisa cat hasil pengerokan -pengerikan tadi  ( Bingung mau dikatakan apa kalau pakai bahasa Indonesia : red )
Gmbar 2Seperti Inilah Kira-Kira Gambar awal setelah Prasasti PNPM dicat /sebelum dibersihkan pake silet

            Langkah yang paling menentukan adalah pengecatan , sebagai finishing, catlah teks.. dan loggo, bisa kena luarnya dikit-dikitlah...setelah semuanya diwarnai dengan baik, silahkan tunggu sampai kering....jangan coba-coba menggosok cat yang belum kering karena saya khawatir cat anda masuk dipori-pori batu prasasti tersebut. setelah seratus persen kering, baru gunakan silet tanpa pegangan ( biasanya silet cukur kumis ...red) untuk membersihkan cat disekitar teks anda ...atau anda bisa pakai  skrap atau Kepi... untuk membersihkan seluruh permukaan prasasti anda ...setelah bersih, baru, tumbuklah obat poles marmer sampai seperti bedak atau menjadi tepung, ayak hingga halus, campur dengan sedikit air, siapkan lap anda sedikit saja buat alat pengoles. Poleskan obat marmer tsb kepermukaan prasasti anda hingga rata ...tunggu sampai kering dan setelah kering bilas lagi, lalu keringkan lagi.... 
( wah...muter-muter...tapi beginilah caranya ...yang sabar ya...) Setelah kering, baru anda poles dengan silikon  yang biasa anda pakai untuk membersihkan motor dirumah.....Nah...sekarang prasasti PNPM anda akan tampak baru lagi kayak gini.....
          






    

MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Bagikan artikel ini..!!

0 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami