Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

5 HAL YANG PERLU DISIAPKAN PADA DIRECT SELLING ONLINE

http://bodinlingga.blogspot.com/
Pengetahuan Dasar dalam Memulai Direct Selling
INTERNET MARKETING_ Direct Selling saya artikan sebagai penjualan langsung di Internet.Yakni kita menjual barang yang kita miliki ,atau kita memiliki link affiliasi diatas kita.Artinya kita hanya berusaha membantu menjualkan barang dagangan teman kita .Teman-teman internet marketing yang berbisnis secara Direct selling secara online biasanya menampilkan nya dalam sebuah Toko Online ,ada juga yang mempergunakan platform lapak dagang.Ada yang mempergunakan website dan ada juga yang mempergunakan Blog.Karena sekkarang ini telah banyak Blog-blog template yang memiliki penampilan sepertihalnya Toko-toko Online. Untuk direct selling memang memerlukan banyak hal yang perlu dipersiapkan, berbeda dengan penjualan yang hanya mempergunakan sistem affiliasi dan system referal.Apalagi kalau anda adalah sebagai pusat penjualan tersebut ,bukan sebagai referal link atau makelar barang.
Adapun yang perlu anda Ketahui sebelum anda  memulai Bisnis Online secara direct Selling ini antaralain :
1. Barang dagangan.
Tentu saja kita tidak harus menyediakannnya dalam jumlah banyak atau dalam jumlah yang besar,anda bisa saja membuat sebuah prototype barang dagfangan tersebut kemudian yang terpenting adalah membuat " Fotonya" semenarik mungkin akan tetapi masih bersifat foto alami,asal tidak terlalu bermain di editing dengan foto tersebut, tentu akan membuat orang lain percaya pada anda. Ingat,bahwa persiapan barang atau foto barang ini adalah merupakan first Look atau pandangan pertama bagi pengunjung website atau blog anda, yang menimbulkan rasa tertarik untuk membeli barang tersebut.
2. Memahami spesifikasi barang.
Selain mempersiapkan barang dagangan anda , anda harus menguasai betul spesifikasi barang anda, tentang dimensi panjang,lebar,dan tinggi atau pun juga tentang bahan baku dan pula tentang sedikit teknik pengerjaan.Mengapa perlu pemahaman sedetail ini, karena anda adalah sales Online, kalau anda mengetahui spesifikasi barang ini hanya karena melihat catatan yang ada dibuku, pernahkan anda membayangkan jika telephone order itu datang ketika anda sedang di kamar mandi? atau anda sedang berada ditengah perjalanan? Kemudian mereka banyak bertanya tentang : Ukurannya berapa, jenis bahan yang dipakai apa, Kira-kira Panjang lebar dan tingginya berapa, berapoa hari selesai dikerjakan dan lain-lainnya.Anda harus bisa jawab dengan lancar tanpa kecuali. Kalau anda tidak bisa menjawabnya dengan lancar, saya jamin anda akan kehilangan prospek jualan anda. Jadi menguasai pengetahuan spesifikasi barang, juga tentang harga-harga dengan  cara diluar kepala  adalah wajib bagi seorang sales Online.
3.Pengetahuan tentang Ekspedisi Barang.
Pengetahuan lain yang perlu anda kuasai adalah tentang pengiriman barang.Setiap perusahaan Ekspedisi kadangkala memiliki jalur yang berbeda-beda.Dan demikian pula tentang harga pengiriman barang tersebut juga berbeda-beda.Satu dengan yang lainnya adalah tidak sama.Jika anda menguasai banyak pengetahuan tentang jalur mana yang lebih murah, dan jalur mana yang lebih aman dalam pengiriman sebuah barang , tentunya kita akan memilih mana yang lebih Efisien.Berbeda kasusnya jika anda hanya mengenal satu saja perusahaan Ekspedisi , anda hanya akan memiliki jalur pemasaran yang snagat terbatas tergantung dengan Jalur yang disediakan oleh Ekspedisi anda tersebut.Perlu anda catat bahwa pemesanan barang secara online diIndonesia ini sudah mulai dikenal luas dan masyarakat kita juga sudah mulai terbiasa dengan pemesanan secara online.Apalagi kalau empat sampai lima tahun kedepan...tentunya pemikiran masyarakat kita akan lebih terbiasa lagi dan lebih maju lagi, sehingga untuk mencari-cari barang mereka akan lebih mengandalkan internet sebagai Searchernya.
4.Pembukaan Beberapa Rekening Bank dan pengetahuan tentang Fiture perbankan kita.
Mengapa harus bermacam-macam..?? Ya paling tidak ada dua macamlah.Yang saya rekomendasikan pertama untuk Bank Lokalnya Pakailah Bank Rakyat Indonesia atau BRI, dan kemudian pakailah juga Bank Central ASIA .BRI memiliki keunggulan bahwa jangkauan unit-unitnya tersebar diseluruh kecamatan diIndonesia, Sehingga jika anda memiliki konsumen dari  desa atau kota kecil, biasanya mereka lebih condong dengan BRI,karena yang terdekat biasanya memang Bank ini. Sedangkan BCA saya rekomendasikan karena Bank ini memiliki fiture-fiture layanan yang lebih lengkap dan memiliki jaringan ATM yang terbesar dari bank-bank lainnya. Sehingga kemungkinan untuk kemudahan transaksi anda akan lebih terjamin.
Kembali ke Pertanyaan awal mengapa harus beberapa Rekening yang anda perlukan ...?? diawal-awal saya hanya memiliki satu Rekening saja yakni Bank Lokal Bank JATIM, kemudian ada beberapa customer yang komplain dengan biaya administrasi transfernya yang lumayan besar dari Account bank mereka Mungkin saja mereka kena Administrasi Kliring Antar Bank..Nach...Dengan memberikan beberapa alternatif system pembayaran ini akan memberikan kepauasan tersendiri buat mereka. Beberapa kasus lagi yang muncul antaralain adalah banyak sekali konsumen kita yang tidak memiliki pengetahuan yang cukup tentang perbankan ( Upppsss...Sorry To say) untuk mentransfer antar Bank...Ha...ha..ha...Sehingga ketika Transfer melalui ATM mereka kebingungan mana yang harus dipencet untuk mentransfer ke antar Bank...mana yang harus di tekan ketika mau mentransfer dana Ke Bank lainnya.Yang mereka ketahui adalah transfer antar Bank saja , sedang diluar Account Bank mereka ada yang tidak tahu.
5. Ketrampilan Diplomatis dan Negosiasi.
Bukan hal yang bisa disepelekan tentang dua Skill ini, sebagaimana di Bisnis Offline, dalam bisnis Online ini akan sangat memerlukan dua ketrampilan  ini. Yang pertama Diplomatis , yakni bagaimana klita menjalin hubungan baik dengan customer kita, dan juga tentang negosiasi.Negosiasi akan terasa sangat penting ketika kita menemukan customer yang " Bethithil" ( Bahasanya Jawanya : sangat memegang prinsip ekonomi). Biasanya mereka memerlukan barang dalam jumlah yang banyak, akan tetapi selalu menawar barang dagangan kita ,karena mereka memang ingin menjualnya kembali. Nach.Jika anda kalah dalam negosiasi ini, saya pastikan anda akan sering merugi.Kenapa demikian, Karena, mereka memang sedang konsentrasi dengan suatu barang yang mereka cari.Sedangkan kita kadanglaka tidak siap dengan pertanyaan tentang barang tersebut.Sehingga biasanya untuk memastikan tentang harga penjualan suatu barang, saya sering mengatakan ..." OK...untuk harga barang tersbut akan saya hitung ulang ongkos produksinya ,dan nanti akan saya hubungi anda kembali " ( Terbayang nggak ketika anda sedang tidur,Tiba-tiba ada telephone menanyakan tentang harga makam marmer dengan spesifikasi yang nggak standart ...?? Misalnya untuk anak SMP...yang meninggal karena sakit ...??? ) Nach dengan  jawaban yang diplomatis tentunya akan membantu pikiran kita untuk tenang, kemudian bisa berfikir jernih, kemudian baru menghitung dengan kalkulator,kemudian kita Telephone balik mereka, dan kita sampaikan harganya.

      OK kawan, 5 hal diatas adalah merupakan hal-hal yang berkaitan dengan pengetahuan yang harus anda kuasai sebelum anda memulai bisnis Online secara direct selling, baik anda sebagai referal maupun anda sebagai pusat dari sebuah affiliasi dagang online.Nanti akan kita sambung lagi dengan hal-hal yang berkaitan dengan teknis pengelolaannya .
BACA KISAH SELANJUTNYA DI :


Bagikan artikel ini..!!

7 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami