Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

DASAR SEO ON PAGE,MENATA DARI DALAM BLOG KITA

http://bodinlingga.blogspot.com/
Dasar SEo On page
SEO ON PAGE_Dalam mengoptimasi secara internal sebuah blog setidaknya dalam kesimpulan pembelajaran  saya  selama ini ada dua macam hal yang perlu diperhatikan dalam menata SEO ON PAGE guna mengoptimasi blog/ website kita.Yang pertama adalah Blog Atribute dan Yang Kedua adalah Optimasi pada element content.

A. BLOG ATTRIBUTE
Blog attribute ,diartikan sebagai element yang melekat pada blog kita sepanjang waktu,Dalam hal ini terkait dengan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita memeulai untuk membangun sebuah blog.Dalam blog attribute ini perhatian kita yang pertama kali adalah pemilihan thema blog kita.Hal ini akan menjadikan navigasi besar kearah mana blog kita akan diarahkan.Sebagai blog Personal,sebagai Blog umum, sebagai blog direct selling, sebagai blog directory blog atau yang lain-lain.Tentu saja dengan memberikan Navigasi besar ini akan memuat visi dan misi kita dalam berblogging,jadi setiap apa yang termuat dalam posting kita tidak akan terlalu melebar kesana-kemari tanpa arah dan tanpa thema yang sekoridor.Dibawah ini optimasi On page yang perlu kita cermati:
1. Nama domain
Nama domain adalah alamat URL blog kita  -misalnya untuk blog saya ini domainnya http://bodinlingga.blogspot.com-. Nama domain ini memiliki peran dalam Optimasi di Search engine, Meskipun nantinya nama domain ini tidak lagi diperhitungkan sebagai elemen utama SEO. Artinya, tidak perlu ada kaitan antara nama domain dengan content dan keyword yang kita  bidik. Namun sangatlah penting untuk menggunakan domain yang berhubungan dengan content blog anda dan keyword yang anda bidik terutama untuk menarik perhatian pengunjung.Pemilihan domain yang tepat ini akan memberikan gambaran juga kepada para pembaca atau pengunjung blog kita.Jika  nama domain kita : www.pisanggoreng.com tentu saja akan memberikan gambaran awal bahwa blog kita ini akan membahas banyak hal tentang "pisang goreng" bukan tentang Kesehatan Jiwa...

Catatan: Untuk domain blog nama domain memiliki peranan penting optiimasi Seo, domain blog yang mengandung keyword lebih disukai oleh google dari pada yang tidak relevan. Jadi untuk blog selain menarik perhatian pengunjung, nama domain yang nyambung juga akan menarik perhatian om Google.Anda akan merasakan  banyak hal pemilihan nama domain yang relevan ini ketika anda masuk dalam persaingan tingkat tinggi di SERP misalnya dengan kompetitor 5 juta keatas, maka yang akan mendominasi SERp adalah fungsi utama Doamain anda.


2. Judul Blog
Judul Blog selain sebagai parameter ,juga merupakan penentu dalam pandangan sekilas pengunjung blog kita. Sebut saja Blog saya di Bintang Marmer Dot Com_ orang awam yang mampir ke blog ini akan memandang bahwa blog ini memang akan membahas banyak hal tentang marmer,meskipun ada porsi lain yang sempat terposting hal-hal itu hanya terkait dengan Trik pemasaran dan juga fiture-fiture untuk menaikkan traffic saja.

3. Meta tag
Ada dua Meta tag yang penting dalam SEO yitu tag description dan tag keyword. keduanya perlu diperhatikan dalam proses mengoptimalkan Seo On Page. Meta tag description adalah uraian ringkas mengenai isi situs anda sedangkan tag keyword adalah daftar kata kunci yang Anda bidik dengan blog Anda. Sebagai seorang blogger , tentunya mau nggak mau kita harus belajar juga sedikit-sedikit tentang HTML, agar pengoptimasian lewat meta tag ini juga bisa kikta lakukan, tanpa belajar HTML kita akan merasa sangat bingung bagaimana memasang meta tag ini kedalam blog kita.

4. Template dan layout Blog
Tempalte memiliki nilai cukup penting dalam optimasi SEO. meskipun kebanyakan template saat ini telah bersifat SEO-friendly. Namun harus dicatat bahwa struktur kode konten harus selalu berada di bagian paling atas ketimbang bagian-bagian yang lain. jadi bagian-bagian yang mengandung informasi penting tentang blog anda harus diletakan dibagian paling atas.Pemilihan ZTemplate yang tepat akan membuat pengunjung blog kita merasa nyaman dan betah berlama -lama di blog kita.Jika pemilihan template kita salah semisal memiliki loading yang terlalu lama , tentu saja akan mempercepat pengunjung untuk hengkang dari blog ini.

5. Gambar
Sebenarnya Gambar ini tidak dibaca oleh Mbah Google dalam kaitannya SERP, sehingga memunculkan pencarian dalam bentuk image di Google.Inilah yang penting ,karena kadangkala banyak sekali pengunjung kita yang datang dari pencarian gambar.Penataan Image dalam komponen SEO ON page ini antaralain dengan menata : Caption image, yang sesuai dengan keyword bidikan anda, Pengaturan Text Image, dan juga pengaturan Alt Text atau sering disebut sebagai alternatif text, inilah yang akan mengarahkan pencarian gambar ini kepada website kita.

6. Atribut HTML
Selain penataan Meta tag Yang memerlukan penguasaan HTML, seorang blogger memerlukan HTML ini dalam menata Atribut HTML-HTML lain dalam komponen blognya, terutama berkaitan dengan struktur heading tag HTML. Struktur heading H-1, H-2, atau H-3 sebagai penanda tingkat kepentingan judul di dalam konten akan memberikan nilai tersendiri dalam Optimasi SEO On Page.

B. CONTENT ATTRIBUTE
Bagaimana supaya konten blog anda disukai oleh google? ini merupakan dasar kedua dalam optimasi Seo On Page. Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:

1. Keyword (kata kunci)
Keyword atau Kata kunci : adalah merupakan ide utama yang akan menjelaskan apa-apa yang kita posting,kata kunci ini adalah kata pencarian pengunjung kita,sehingga kalau boleh dikatakan yang terpenting dalam optimasi On page ini adalah pemilihan atau penguasaan kata kunci terntentu agar hasil pencarian di Searh engine ini memunculkan blog kita pada salah satunya,entah nomer satu atau nomer tujuh.Sehingga menurut saya  fokus utama dari Optimasi Seo On page itu sendiri sebenarnya adalah optimasi keyword. Karena melalui keyword inilah google akan memberikan nilai terhadap sebuah artikel atau blog di dalam daftar hasil pencariannya. Semakin banyak  jumlah dan pilihan kata kunci yang tepat yang dipergunakan dalam blog kita , semakin besar peluang mendapatkan rangking tinggi.

2. Jumlah keyword (keywords density)
Keyword density (kepadatan keyword)  dapat diartikan sebagai penyebaran keyword yang kita bidik dalam setiap satu postingan, Jumlah atau tingkat kepadatan kata kunci tergantung pada panjang pendeknya sebuah artikel. Suatu artikel sebaiknya mengandung keyword minimal 3% - 5 % dari seluruh kata-yang ada. namun juga jangan terlalu banyak karena cenderung akan dianggap sebagai spam content oleh google. Banyak tool yang dapat digunakan untuk mengukur keyword density diantaranya seoquake yang merupakan addon firefox atau wordcounter untuk menghitung seberapa banyak suatu keyowrd diulang dalam artikel anda.

3. Variasi kata kunci (keyword)
Selain jumlah, faktor penentu dalam memaksimalkan SEO On Page yang lain adalah variasi kata kunci. Ketika menulis artikel, sebaiknya kata kunci yang dibidik tidak tepat sama dan sekedar diulang-ulang. Akan lebih baik apabila Anda menuliskan variasi atau sinonim kata kunci yang dibidik. Hal ini selain untuk mencegah anggapan spam content oleh google, juga akan semakin memperkaya perbendaharaan kata kunci yang Anda target.Sebagai contoh bentuk variasi antaralain : Marmer,marmer Tulungagung,Kerjainan marmer,lantai marmer,batu marmer,batu marmer Tulungagung dan lain sebagainya .
Variasi ini akan berfungsi efektif jika kita bisa membaca pikiran pengunjung kita,bagaimana mereka menemukan blog kita?? atau apa yang mereka perlukan sehingga mereka mengetik kata kunci itu di Google..??

4. Posisi kata kunci (keywords)
Posisi kata kunci sebaiknya tersebar pada seluruh bagian artikel. hal ini penting agar Google menganggap bahwa artikel ini benar-benar sedang membahas kata kunci yang dibidik tersebut. Keyword yang baik harus ada pada judul artikel, kemudian pada kalimat pertama dalam paragraf pertama, serta pada paragraf terakhir. dan akan lebih mantap jika setiap paragrap mengandung kata kunci yang dibidik, hanya saja jangan terlalu brutal karena bisa dianggap spam dan menjadi tidak nyaman dibaca. Ingat sebagai seorang blogger kita jangan hanya terpacu dengan SEO sehingga bahasa yang kita pakai dalam posting ini hanya " Bahsa Mesin pencari" akan tetapi dengan kebijakan penataan kata kunci ini akan menjadikan blog kita ini juga nyaman dibaca oleh " manusia".

Sekian dulu share kita tentang SEO Onpage ,nanti akan kita sambung lagi dengan Klik Anchortext terkait diatas.OK silahkan langsung saja menuju ke TKP tentang  
SEO Kontest Terbaru di Alfaonline.com2013

Bagikan artikel ini..!!

4 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami