Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

MARMER TULUNGAGUNG,PENYEBARAN WILAYAH USAHA MARMER



Tulungagung Kota bersinar Bersih Indah dan Menarik itu motto kebanggan kota kecil ini,Dengan semboyan daerah  yakni sebagai :  Daerah Ingandaya, yang bermakna Industri Pangan dan Budaya. Dikandung maksud bahwa Tulungagung adalah sebagai daerah Industri, sebagai daerah penghasil pangan dan sebagai daerah sebagai cagar Cagar Budaya. Sangat dirasakan betul bahwa keberadaan Tulungagung sebagai kota marmerini adalah sebuah keberkahan tersendiri bagi warga kota kecil ini. Bagaimana tidak sebagian besar penduduk kami memiliki kegiatan yang rutin dan tetap sebagai pekerja dan pengusaha dibidang marmer.
Kenyataan yang sangat luar biasa dan patut disyukuri.Kota kecil dengan penduduk sekitar 900.000 ribu jiwa ini banyak sekali menggantungkan perekonomiannya disektor usaha marmer ini.Bahkan jika kita mau berhitung ada empat kecamatan yang terimbas secara langsung  dengan adanya industry marmer di kota Tulungagung.Selain itu ada beberapa wilayah kecamatan lain yang terimbas secara tidak langsung , dari berkah batu-batuan ini.Maka tak salah jika Tulungagung dijuluki sebagai  kota marmer .
Daerah  Kecamatan Campurdarat,  letaknya kurang lebih 14 KM sebelah selatan  dari Pusat kota Tulungagung , ini adalah sentral terbesar usaha marmer dan pusat kerajinan marmer diproduksi.Sebagian besar perusahaan dan pengusaha marmer bertempat tinggal  di kecamatan ini.Dari produk  lantai, sampai pernak-pernik sekecil apapun komplit ada di Kecamatan Campurdarat ini .Hampir 60 persen penduduk Kecamatan Campurdarat ini bergerak dibidang usaha marmer, Disinilah tempat showroom –showroom besar dan kecil terjajar disepanjang jalan Tulungagungmenuju Pantai Wisata Popoh Indah , jika anda melintasi daerah ini maka anda akan menemukan banyak sekali kerajinan-kerajinan marmer terpampang dishowroom-showroom marmer,Tidak kurang dari 267 buah  terdapat disini.Dikecamatan Campurdaratini terdapat 9 Desa , Disembilan desa ini anda akan menjumpai penduduk yang bermata pencaharian dibidang marmer ini dengan berbagai specialisasi, Disinilah  Bintang Antik Sejahtera  tinggal, tepatnya dipusat kota Campurdarat, sebelah barat kantor Kecamatan kebarat 100 M, Masjid Jami’ Campurdarat, masuk 50 M. Selain itu  diKecamatan Campurdarat  ini juga ada beberapa titik pertambangan marmer, yakni didesa Campurdarat, desa gamping dan Desa Ngentrong.

Letaknya Disebelah selatan kecatan Campurdarat, adalah Kecamatan Besuki , dikecamatan ini adalah pusat pertambangan marmer Asli Tulungagung, di Kecamatan ini  penduduknya juga sebagian besar berkecimpung di bidang  marmer, lebih khusus lagi pada produk marmer lanatai dan dinding.Di Kecamatan ini jarang terdapat showroom, dari seluruh jumlah desa yang ada dikecamatan ini hanya sekitar 3 desa yang penduduknya  menekuni bidang ini.Yang terbesar adalah dipusat Desa Besole Kecamatan Besuki, kabupaten Tulungagung,dimana terdapat Tambang marmer asli Tulungagung yang terbesar.Sedangkan pertambangan yang lain didaerah kami cukup banyak sekali, hampir tidak ada batu yang terbuang disini semuanya direkayasa dan diusahakan sebagai bahan baku kerajinan marmer. Kecamatan Pakel, kecamatan ini terletak disebelah barat kecamatan Campurdarat, kecamatan ini baru pada sekitar tahun 1990_an menekuni bidang ini, dikecamatan ini ada beberapa titik sentral kerajinan marmer, yakni didesa Tamban dan Sodo,didua desa ini biasanya hanya memproduksi barang setengah jadi, dan jarang sekali memgolah barang jadi,karena pengolahan selanjutnya akan dilakukan dikecamatan Campurdarat,untuk merakit dan mengassembling  komponen barang setengah jadi tersebut.dikecamatan ini tidak meliki pertambangan marmer sendiri, karena wilayah kecamatan ini tidak memiliki kawasan pegunungan , warganya kebanyakan hanya sebagai pekerja dibidang ini.
Kecamatan Tanggungunung, disini terdapat beberapa desa yang dijadikan sebagai area pertambangan marmer dan bahan baku marmer bakar, letaknya disebelah Tenggara Kota Tulungagung, Kecamatan ini berbatasan langsung dengan Kecamatan Campurdarat untuk wilayah sebelah selatan, sedang disebelah Timur dan Utara berbatasan langsung dengan Kecamatan Kalidawir dan Kecamatan Pucanglaban .Parapenduduknya sebagian besar bertani dan menjadi TKI keluar-negeri, sedangkan unutkyang berbatasan dengan Kecamatan Campurdarat,banyak diantara mereka menjadi pekerja di perusahaan-perusahaan marmer di Kecamatan Campurdarat.Daerah pertambangannya ada di desa Ngrejo,Tenggarrejo, Ngepoh,dan Pakis aji.Wilayah Selatan  Kecamatan Tanggunung ini  adalah penghasil jagung terbesar dikota ini. Jika dalam musim panen jagung anda bisa datang kemari dan berkulakan jagung dengan harga yang sangat murah .Selain itu dikecamatan ini juga dikenal sebgai penghasil kayu jati yang sangat berkwalitas tinggi.
Beberapa daerah kecamatan lain yang memiliki daerah pertambangan marmer antaralain adalah Kecamatan Kalidawir ,  yakni wilayah sebelah timur,selain sebagai pertmabangan marmer didaerah ini juga dikenal sebagai penghasil beberapa mineral-mineral alam. Warga Kecamatan Kalidawir sebagaimana kecamatan Tanggungunung, kebanyakan berprofesi sebagai pahlawan devisa kota Ingandaya , mereka kebanyakan bekerja diluarnegeri dengan tujuan Negara Malaisya, Brunei, Taiwan dan Hongkong. Disebelah selatan wilayah Kecamatan kebanyakan bermata pencaharian sebagai petani jagung . Jarang sekali warganya yang menggeluti tegnology pengolahan marmer.Kebanyakan dari mereka hanya memasarkan hasil-hasil kerajinan dari Kecamatan Campurdarat saja.
Daerah lainnya adalah Kecamatan Rejotangan, meskipun hanya kecil pertambangan marmernya , disinilah bahan baku marmer bakar dan alur banyak dijumpai,akan tetapi pengolahan dan pengelolaannya banyak yang dimiliki haknya oleh para pengusaha dari Kecamatan Campurdarat, karena sebagian besar warganya memiliki potensi yang lain yakni sebagai sentral peternakan di Kabupaten ini, terutama ayam petelur dan pedaging, disinilah tempatnya.
Ada beberapa daerah lain yang  warganya bermata pencaharian sebagai pengrajin marmer atau pengusaha marmer, akan tetapi  jumlahnya sangat sedikit sekali,dan itupun hanya terekam dalam jumlah tidak lebih dari sepuluh titik saja. Seperti ketika anda memasuki Kecamatan Boyolangu, ada beberapa titik Showroom marmer yang menjemput anda ketika melalui jalur Tulungagung  menuju arah Pantai Popoh Indah, dan di Kecamatan Sumbergempol ada satu pabrik pengolahan marmer yang sudah berkembang cukup lama, akan tetapi bahan dan barangnya biasa mereka dapat juga dari Kecamatan Besuki dan Campurdarat. Ada juga warga diKecamatan Ngantru yang mengembangkan usaha pengolahan marmer ini,namun hanya beberapa orang saja.
Sedangkan sebagai sentral terbesar kota marmer ini memang Kecamatan Campurdaratdan mereka yang berprofesi sebagai pengusaha marmer baik itu dalam bidang pertambangan maupun bidang pembuatan kerajinan marmer  biasanya akan tetap mendatangkan karyawan professional dari dua Kecamatan  Sentral yakni Campurdaratdan Besuki.Demikianlah gambaran pemetaan usaha marmer Tulungagung yang memang menjadi jantung pemompa nadi perekonomian kota Tulungagung ini.
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Bagikan artikel ini..!!

0 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami