Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

BLOG ANDA SEPI KOMENTAR APA PENYEBABNYA

sepi komentar Blog kita sepi komentar...?? Apa penyebabnya.. Tulisan ini saya posting karena saya merasa cemburu aja kepada teman-teman yang lain yang memiliki komentator banyak sekali,kadang mencapai ratusan komentar setiap postingnya.Memang sebagai sebuah blog baru kita nggak perlu iri hati dan cemburu.Karena mereka memang sudah terlalu lama berblogging sehingga memiliki kawan yang lebih banyak dan pengunjung yang lebih besar pula.Nach Dari searching yang saya lakukan saya sangat setuju sekali dengan postingnya sahabat Blogger Denny Arya Wiranata,makanya sebagai rasa kagum saya kepada beliau saya share posting ini untuk bisa dimengerti oleh sahabat blogger yang lainnya yang tentunya masih newbie sepeti halnya saya.Terimakasih
Apa Penyebab Blog Sepi komentar? Pertanyaan itu sering dilontarkan khususnya blogger-blogger yang masih baru dalam dunia per-bloggeran yang baru memulai blog. Kendala ini seringkali terjadi dan banyak mengeluh, apa yang kurang dari blog saya?


Pengunjung di blog anda sudah banyak, namun komentarnya masih sedikit bahkan ada yang tidak berkomentar sama sekali. Mari kita teliti dari dialog  Yang dilakukan oleh MAs Denny dengan seorang sahabat Blogger yang lainnya  Shoot dialognya kayak berikut ini:

Deny: Kenapa kamu tidak mau berkomentar di blog dia?
Anonymous: Saya malas membaca artikelnya.

Deny: Lho kok malas?
Anonymous: Artikelnya gak bermutu, lagian tulisannya juga acak-acakkan.

Deny: Jika tulisannya berkualitas dan gak acak-acakkan, apakah kamu mau berkomentar?
Anonymous: Tidak, blognya berat.

Deny: Jika blognya tidak berat, apa kamu mau berkomentar?
Anonymous: Tidak, karena komentarnya harus dimoderasi dulu.

Deny: Jika komentarnya tidak dimoderasi, apakah kamu mau berkomentar.
Anonymous: Tidak, karena komentarnya pake verifikasi.

Deny: Jika komentarnya tidak diverifikasi, kamu mau berkomentar?
Anonymous: Ya pastinya.
Dari diskusi kecil di atas kita dapat simpulkan bahwa penyebab blog sepi komentar adalah:

1. Pengunjung Blog Memang Sepi

Ini kasus awal-awalannnya.Memang blog kita sepi banget trafficnya,masa sehari kunjungannya hanya 5 biji di Hitstat,wajar banget kalau sepi mas...Kayak blog baru ini sebab belum diopstimasi kawan...Jika ada kendala yang satu ini, memang sudah untuk anda untuk memiliki komentarnya yang banyak. Penyebab yang satu ini kadang-kadang terjadi karena kurangnya seo blog anda, ataupun kurangnya promosi terhadap blog anda. Saran saya optimasi dulu blog anda ataupun submit artikel ke lintas berita (baca: Cara Mensubmit Artikel ke Lintas Berita) dan direktori seperti dmoz (baca: cara mendaftarkan blog ke dmoz) untuk menambah backlink blog anda.

2. Loading Berat

Faktor yang sering dialami oleh Blogger newbie,namun jarang disadari oleh yang punya,yakni tentang Loading Blog.Loading yang sangat " LOLA" alias loading lambat bikin para blogger lainnya males komentar,jangan kan komentar ,mau mampir lagi aja sangat males dan bikin males, makanya jangan terllau banyak ornament atau widget yang bikin seret loading anda,sederhana saja,bikin beberapa scroll ,bikin beberapa spoiler untuk menyembunyikan widget-widget standart buat blogger yang memang penting untuk dipasang. Selain itu compress gambar blog anda yang berat itu bisa dengan advanced compressor jpeg ataupun compressor gambar lainnya.

3. Terlalu Banyak Posting Dalam Sehari

Ini yang sering saya lakukan di Blog saya di www.Bintang Marmer Dot Com, karena ketika saya memiliki banyak foto pada waktu itu dengan bebrapa kategory produk yang berbeda,saya akan segera membuat postingan rapelan dalam satu hari. Ternyata pengalaman ini memang sangat buruk kawan.Bahkan saya pernah membuat psotingan lebih dari 5 posting dalam waktu satu hari.Dan hasilnya memang sangat buruk buat SEO kita. Yang pertama kita kehilangan banyak kesempatan dicoment oleh kawan lainnya,karena mereka bingung mana yang mau dikomentari.Yang kedua dalam hal navigasi sederhana, misalnya kita hanya menampilkan 3-4 posting saja di Halaman Beranda, maka posting baru anda yang lebih dari 4 tadi nggak bakalan kelihatan orang.Jadi nggak mungkin ada komentar,kalau kita tidak berblogwalking dengan membagikan URL terpendam tersebut.Jadi bijak sajalah..dalam satu hari jangan terlalu bernafsu mejadwal posting itu juga penting .Tapi ngomong-ngomong yang inipun juga lebih dari 5 posting dalam sehari lho...ha..ha..ha..

4. Konten Anda Kurang Menarik dan Kurang Berkualitas

Tidak dapat dipungkiri lagi, kualitas konten dan kurang menariknya dari konten itu sendiri akan merugikan anda. Selain google yang tidak suka terhadap konten yang berkualitas, pengunjung bahkan juga tidak suka sehingga ia malas berkomentar karena kurang tertarik dengan artikel anda yang seharusnya untuk dikomentari. Belajarlah buat artikel yang menarik namun original atau hasil karya anda sendiri. Itu akan lebih menguntungkan.

Selain itu bahasa yang anda gunakan harus se-komunikatif mungkin untuk menjaring pengunjung dan menarik simpati pengunjung untuk berkomentar. Gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar, terutama untuk tips dan tutorial-tutorial .

5. Kotak Komentar Menggunakan Moderasi dan Verifikasi

Pernah mengalaminya bukan..?? Sudah ada kolom verifikasi komentarnya,ketika sulit membaca chapta komentar,masih dimoderasi lagi, jhee.....kayak blognya CIA atau FBI saja...banyak prosedur dan banyak aturan.Memang sich kita harga pemilik blognya,akan tetapi kalau anda sadari sebenarnya hal ini yang akan bikin orang lain males mampir ke Blog kesayangan anda unutk memberikan tegur sapa. Kedua poin di atas yaitu kotak komentar menggunakan moderasi dan verifikasi menjadi masalah yang cukup harus ditangani. Meskipun sisi positifnya baik, yaitu untuk meminimalisir komentar spam yang ditujukan untuk blog kita dari orang-orang iseng, namun jangan lupakan sisi negatifnya. Pengunjung akan malas berkomentar jika kotak komentar blog anda memiliki verifikasi karena secara langsung bagi yang memiliki kecepatan akses rendah akan menyulitkan karena harus menunggu kode verifikasi. Begitu pula dengan moderasi, pengunjung akan malas berkomentar karena komentarnya harus dimoderasi dulu, karena kebanyakan mereka ingin komentarnya terlihat tanpa menunggu lagi.

6. Jarang Blogwalking dan Berkomentar

Tahukah anda bahwa blogwalking dan berkomentar di blog orang lain itu penting? Selain menjaga persahabatan dan menambah ilmu, kita juga bisa mendapatkan komentar balik lho. Namun saya ingatkan untuk tidak menyepam, karena google saja tidak suka apalagi admin blog, ia tidak akan berkomentar balik.

Saya sarankan berkomentarlah yang baik agar pengunjung dan admin blog terkesan dengan komentar anda, sehingga ia tidak merasa rugi jika ingin berkomentar balik di blog anda.
Demkian tadi 6 Hal yang menyebabkan Blog anda Sepi komentar dan sepi sapaan dari kawan blogger lainnya, saya sarikan dari Tulisan Sang Mastah Denny Aya Wiranata.
Bagikan artikel ini..!!

1 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami