Sabtu, Oktober 13, 2012

TIPS MEMBUAT PASSWORD YANG BAIK DAN AMAN

http://www.bodinlingga.com/
Password Aman
MEMBUAT MEMBUAT PASSWORD YANG BAIK DAN AMAN _ Bagaimana dengan password anda saat ini kawan ? Berdasarkan sebuah survey yang pernah saya baca bahwa passwordnya orang indonesia adalah password -password yang palin g lemah dan paling mudah dibaca sedunia.Demikian adanya.Bagaimana tidak,ketika dalam sebuah account tertentu anda menampilkan tanggal lahir anda kemudian disisi lain anda mencantumkannya sebagai password account tersebut ? mudah ditebak dan gampang dijebol bukan ?? Dan berdasarkan tingkat kerumitannya orang China menduduki peringkat paling atas ketika mereka membuat sebuah password.Hemm pantes aja kita lihat huruf China aja sudah pusing tingkat kesulitan kaligrafinya..he,,he,,he,, Kembali ke Laptop....!! Bagaimana menjadikan password kita  aman -sekleman dan membuat kita tidak bakalan was-was dengan hal yang telah kita jadikan sebuah kunci sebuah account yang anda miliki. Berikut ini beberapa kiat atau tips membuat password yang baik dan aman

1. Jangan pernah menuliskan apa-apa yang telah ada sebagai bagian dari account yang anda miliki sebagai profil di account tersebut. Misalnya di profil anda menampilkan tanggal lahir, jangan dipakai sebagai password, misalnya nama user anda " bodinlingga" ya jangan sampai dipakai buat password juga.Semisal dalam account tersebut ada no telephone dan seterusnya.Ini sangat mudah ditebak dan merupakan sasaran tembak yang empuk buat para pembobol.

2. Jangan menuliskan beberapa karakter yang berurutan, misalnya : password anda ABCDEF atau angka yang berurutan Misalnya 12345 ,mengapa demikian ? ini merupakan password standart  diseluruh dunia yang harus segera diganti dalam hitungan jam saja.segera ganti dan segera ganti.

3. Jangan membuat kombinasi Data profile anda dengan data profile yang lainnya. Misal username " bodinlingga " kemudian tanggal lahir nya 30-07-1976 hal ini akan membuat sebuah password anda lumayan bagus sebenarnya,akan tetapi klasifikasinya masih tahapan sedang.

4.Jangan membuat kombinasi data profile dengan karakter berurutan, contoh " bodinlingga1234" atau bodinlinggaabcd .
5.Gunakan kombinasi huruf kapital dan huruf kecil jika hal ini memungkinkan,misalnya kayak password kita di account paypal itu lho yang mewajibkan kita bikin kombinasi sedemikian .Misalnya : boDinLingga dan seterusnya.
6.Gunakan kombinasi denga n karakter unik, yang  mudah diingat : misalnya 80dinl1n994 nach ini juga mantab banget jika anda pakai untuk password, tapi sayang saya juga nggak mempergunakan yang ini,masih dalam taraf lumayan kuat untuk kekuatannya,karena ini sering dipakai anak muda yang pada gaul... he.,he.he.
7.Kombinasi terkuat adalah dengan karakter unik semisal : " @#$%^&* _-   "itu jika diapprove dalam system, jadi pergunakan ini sebagai pemerkuat pertahan password account anda, dan juga kombinasikan denganpenggunaan huruf kapital.

Ingat..password contoh-contoh diatas semuanya adalah salah karena saya masih terfokus dengan data account  pribadi saya ,yang benar adalah segala sesuatu yang tertulis dipassword anda pastikan bukan merupakan data diprofil anda...Misalnya saja dirumah anda memiliki kucing yang bernama : koncer,atau anda punya ayam jago yang bernama " brewok" gunakanlah yang itu,saya kira itu merupakan hal pribadi anda yang bahkan teman sebangku anda tidak pernah tahu itu.

Kawan pembuatan sebuah password dalam sebuah aacoount bisnis adalah sangat vital, sekali anda jebol dan diobok-obok,maka yang terjadi reputasi anda akan segera tammat dalam beberapa jam saja.Semisal account facebook anda jebol, kemudian  sang Hacker melakukan tag " Video Suparno" apa yang terjadi dengan diri anda saat itu kawan ...??
Kesemua yang saya sarankan dalam mengkombinasikan password diatas memang tidak seluruh system meng -approve seperti itu, misalnya ada juga system password yang hanya memungkinkan kita menuliskan hanya 6 Karakter saja, atau misalnya kombinasi huruf danangka saja demikian semoga bermanfaat untuk sebagai bahan kehati-hatian kita dalam merancang sebuah password.Demikian sedikit share tentang Cara membuat password yang baik dan aman semoga bermanfaat.


Tags :