Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

CARA MEMBUAT SITEMAP DI GOOGLE UNTUK BLOGSPOT

Cara membuat  Sitemap  atau peta situs di Google
Cara membuat  Sitemap di Google
Semua blogger tentunya sudah mengerti Cara Membuat sitemap diGoogle,yakni dengan mempergunkan  Google Webmastertool, sebuah  layanan dari Google untuk pengelolaan situs-situs oleh para webmaster.Pembuatan Sitemap tujuan utama nya adalah mempercepat pengindekan situs itu sendiri dengan setiap URL-URL  yang ada dalam situs tersebut.Dengan memperkenalkan situs itu dengan Google webmaster tool, tentu saja akan mempermudah Google untuk melakukan pengindekan setiap URLnya.Nach dengan cara inilah awal sebuah algoritma Google mulai berjalan untuk menentukan  siapa yang berhak tampil sebagai page-one  diGoogle.Kalau URL situs kita tidak terindeks,jangankan menjadi Page-one, terindeks atau masuk di hasil pencarian saja nggak bakalan ketemu.OK kembali pada sitemap itu sendiri.Lanjut..............
Pengertian Sitemap atau dalam terjemahan terkini disebut dengan peta situs adalah sebagai berikut : Sitemap adalah salah satu alat bantu untuk para webmaster yang mempermudah dalam pengenalan peta situs di dalam website. Dengan begitu, mesin google dengan mudah menjelajah dan meraih halaman-halaman yang ada di dalamnya. Sama halnya dengan webiste pada umumnya, blog juga memerlukan sitemap agar mesin pencari dengan mudah mendeteksi konten di dalamnya.[1]. Dalam sistem sitemap ini pengguna dapat melakukan submit peta web berbasis XML langsung ke Google yang akan membantu Google mengindeks halaman web dengan mudah(Wikipedia)


OK kita lakukan satu persatu caranya membuat sitemap diGoogle, yang akan saya uraikan dibawah ini adalah untuk Blogspot saja kawan,karena saya sekarang jarang sekali main diWordpress, dan juga CMS.Sudah kadung sreg dengan Blog-cepot ,jangan lupa baca dengan seksama prosedural dibwah ini :
Cara Membuat Sitemap di Google Webmaster Tools sangatlah mudah.Sobat hanya perlu membuat url sitemap karena untuk blogspot harus menggunakan url khusus,berbeda dengan wordpress yang bisa langsung mengsubmit url feed tanpa harus melakukan perubahan.Mari kita langsung saja ketahap awal.
  1. Login ke Google Webmaster Tools
  2. Pilih>>Kelola situs>>Tambahkan atau hapus pengguna,pada bagian sidebar left pilih>>Pengoptimalan>>Peta situs,kemudian pada bagian kanan agak keatas,klik>>TAMBAHKAN/UJI PETA SITUS.
  3. Untuk membuat sitemap anda  bisa menggunakan sitemap generator disini,atau langsung bisa menambahkan url sitemap seperti berikut.
Lakukan Seperti dibawah ini untuk menambah uji peta situs anda:

* http://www.bodinlingga.com /feeds/posts/default?max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc 

*http://www.bodinlingga.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
 
Silahkan Copy-pastekan saja yang berwarna merah,karena yang berwarna biru tersebut adalah blog anda sendiri kawan.Nach demikian tadi cara membuat sitemap di Google agar blog kita mudah terindeks atau cepat diindeks dalam hasil penelusuran Mbah Google.Lakukan kedua cara tersebut s\dengan baik dan benar,agar hasil sitemap nya juga bagus.Biasanya untuk Yang nomer satu menghasilkan peta situs sebanyak 25 URL dan ditambah  dengan satu URL Beranda. Sedang kan cara yang kedua akan menghasilkan sejumlah postingan yang ada diblog anda . Jadi semisal anda punya 100 postingan, maka dengan cara pertama anda kan mendapatkan 26  URL, dan yang kedua anda akan emndapatkan 100, sehigga jumlah peta situs anda saat ini adalah : 126,kalau ada permasalahan tentang berhasil dan tidaknya pembautan peta situs ini biasanya terlihat dikolom sitemap yang anda buat tadi.

Beberapa Catatan  sering terjadi dalam mensitemap di google antaralain :
1.Koneksi anda lelet,akan membuat proses sitemap ini gagal,karena pembuatan sitemap ini memerlukan koneksi ekstra besar ,apalagi kalau postingan diblog anda sudah teramat banyak.
2.Kesalahan penulisan HTML diatas,akan membuat GoogleWebmaster tool tidak bisa membaca perintah anda.
3.Jika terjadi kesalahan maka anda akan meperoleh laporan di bagian result sitemap nya,langsung hapus dan coba teliti kembali semua cara-cara diatas.Selamat mencoba.
Bagikan artikel ini..!!

25 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami