Kamis, Agustus 21, 2014

Sigma Trophy Jadi Sponsor Kegiatan Leang-Leong

Sekedar berbagi info saja untuk kegiatan Didesa saya nich ,,, Desa Campurdarat Tulungagung dalam rangka Acara Kemerdekaan Republik Indonesia di Tahun 2014 , Acara yang paling menggemparkan di sini adalah Pesta Leang-Leong atau Naga Liong kalau bahasa China nya, tapi kita bukan Chinesee jadi tetap menyebutnya sebagai Leang-Leong. 

Leang-Leong Ciri Khas Campurdarat
Leang-Leong Ciri Khas Campurdarat
Alhamdulillah beberapa kali pementasan Leang-leong Sigma Trophy, usaha Online Istri saya  sudah bisa memberikan sedikit kontribusi buat masyarakat, itung-itung ngrukuni masyarakat dengan memberikan sponsorship, intinya ya tetap saja branding agar Sigma Trophy lebih dikenal masyarakat kami juga. Kenapa ini saya ceritakan pada anda..?? Apa yang special...??? Leang-Leong  di Campurdarat telah menjadi tradisi Turun temurun sejak tahun 1974 yang lalu. bahkan pada zaman Orde Baru ketika Indonesia memutuskan hubungan Diplomatik dengan  China , sering terjadi gegeran, Panitya pelaksana nya selalu jadi sandera semalam di POLSEK atau di KORAMIL ,karena mereka dituduh pro Komunis. He,, he,,he,, itu khan dulu, namun sekarang  di Era Reformasi ini masyarakat sudah bebas melakukan ekspresinya untuk hal yang satu ini, oleh karena nya tradisi Leang-Leong di Campurdarat ini merupakan yang tertua di Kabupaten Tulungagung, kayaknya di Indonesia, bahakan masyarakat Chinesse pun harus dan wajib mengetahuinya dech... 

Naga Baru Klinting Campurdarat
Naga Baru Klinting Campurdarat

Apa lagi yang menjadi special di sini,,,?? dalam peringatan HUT RI yang sejak kepemimpinan Bapak Lurah Mualim , mulai di aktifkan lagi tradisi ini, selama 10 tahun menjabat Pak Dhe saya ini menggiatkan acara yang dulu dilarang di zaman Orde Baru , dan akhirnya menjadi yangpaling ramai di Kabupaten saya. Bayangkan saja, ketika dalam jarak sekitar 2-3 KM anda akan macet total ketika malam hari peringatan 17 Agustusan... seluruh penonton tumpah ruah dijalan  untu menyaksikan pertunjukan spektakuler adat tradisi Campurdarat tersebut. Kami menyebutnya sebagai Naga Baru Klinthing ,itu yang terkenal. Hampir semua dusun di desa kami memiliki Naga- Naga andalan nya . Di Desa ini ada 5 Dusun Yakni : Blumbang, Kauman, Campur Janggrang, Campur Kuntul dan Dusun Ngingas, kesemuanya memiliki Naga- Naga andalan tersendiri. Seakan-akan ini merupakan Kompetisi seru antar naga-naga besar dan panjang. Saya yakin anak-anak anda akan terkesima dengan atraksi hidupnya naga-naga besar di malam hari di Desa Campurdarat Tulungagung ini.
Pendekar Seni Pencak Kurdo Manyuro
Pendekar Seni Pencak Kurdo Manyuro

Atraksi lain selain permainan atraksi Naga Baru Klinthing dan Naga Bhumi Desa Campurdarat, ada juga atraksi Pencak Silat yang menjadi Andalan juga. Perguruan tertua yang Secara turun-temurun tetap dilestarikan di Desa Kami bernama Seni Pencak Kurda Manyuro ( SPKM) , dikembangkan oleh Mbah Buyut kami sejak tahun 1950-an ,saat-saat perjuangan mengusir penjajah dan juga saat Pemberontakan G 30 S PKI, para pendekar SPKM ini banyak berkiprah dalam perjuangan juga .Aliran silat ini mirip-mirip dengan aliran Cimande di Banten sana, namun banyak dimodifikasi ala Jawatimuran juga, hee,,he,,he,, 

Sigma Trophy Sponsorship kegiatan
Sigma Trophy Sponsorship kegiatan

Oh ya kelupaan acara Leang-Leong ini bisa anda saksikan antara tanggal 17 sampai dengan tanggal 22 Agustus, dimalam hari startnya setiap jam 19.30 WIB.Jangan khawatir kalau nggak kebagian momentnya, karena sepanjang 7 malam  masyarakat kami selalau melakukan ritual kemerdekaan ini secara bergantian, dan di Desa Campurdarat ini merupakan desa yang paling aktif dalam Peringatan HUT RI , bayangkan saja 7 hari -7 Malam itu acara hiburannya saja, belum kegiatan perlombaan-perlombaan. Buiihhh pokoknya Naga Leang-Leong nich merupakan Bomm...dari keseluruhan acaranya, minimal ada 10 ribu sampai 15 ribu penonton berjejal disini, berangkatnya dari maghrib yaa... nanti anda nggak bakalan dapaet tempat kalau berangkat terlalu malam. 

Suasana Acara Leang-Leong
Suasana Acara Leang-Leong

Leang-Leong Desa Campurdarat
Leang-Leong Desa Campurdarat

Leang-Leong Desa Campurdarat
Leang-Leong Desa Campurdarat

Leang-Leong Desa Campurdarat
Leang-Leong Desa Campurdarat

Leang-Leong Desa Campurdarat
Leang-Leong Desa Campurdarat

Leang-Leong Desa Campurdarat
Leang-Leong Desa Campurdarat

Tags :