LANGKAH MEMBANGUN ENTERPRENEURSHIP ONLINE
LANGKAH MEMBANGUN ENTERPRENEURSHIP ONLINE |
Permasalahan yang mungkin akan kita hadapi adalah derasnya persaingan dan kompetitor yang datang bagaikan gelombang, silih berganti tumbuh berkembang pesat baik secara jumlah ataupun dalam persaingan kwalitas layanan-layanannya.Harus kita antisipasi memang semua hal yang datang dari faktor eksternal kita, namun jangan lupa juga untuk membangun diri dan mengembangkan diri secara internal, termasuk pengembangan pengetahuan kita dalam melangkah menjadi seorang enterpreneurship online.
5 Langkah Membangun Enterpreneurship Online
Yang akan kami paparkan disini sebenarnya adalah bukan hanya untuk onliner saja, akan tetapi pengembangan diri dalam melangkah menjadi seorang enterpreneurship yang siap menghadapi tantangan global,who ever you are , siapapun anda siapkan diri anda dengan bekal Langkah Membangun Enterpreneurship ini Menurut Mitch Joel, ada lima komponen yang ia sebut dengan 5C yang menyusun Entrepreneurship 2.0 tersebut. Kelimanya adalah Connecting, Creating, Conversations, Community, dan Commerce.
1. Connecting
Bagi Mitch Joel, terkoneksi dengan banyak hal merupakan langkah
signifikan untuk mengembangkan bisnis di era Internet. Joel melihat ada
empat tujuan dari koneksi tersebut. Pertama, pebisnis membangun koneksi
dengan pelanggannya. Kedua, membangun loyalitas dengan koneksi tersebut.
Ketiga, menjadikan koneksi itu tidak sekadar sebagai koneksi. Keempat,
menjadikan koneksi itu untuk mendapatkan uang dan pertumbuhan bisnis.
“Jika Anda tidak terkoneksi dengan bisnis Anda, karyawan Anda, konsumen
Anda, demikian juga Anda tidak akan terkoneksi dengan kompetitor Anda.
Padahal, koneksi merupakan nilai core business yang harus ada sekarang,”
kata Joel.
2. Creating
Joel mengatakan orang sekarang bisa dengan gampang membuat konten
dengan kanal-kanal baru. Konten itu bisa berupa teks, gambar, audio,
video yang berfungsi untuk mengembangkan bisnisnya. Joel menandakan
perubahan paling kentara dari perubahan dari era lama adalah semua
individu saat ini bisa menjadi produsen konten. Oleh sebab itu,
muncullah istilah prosumer yang merupakan gabungan dari dua kata, yakni
produsen dan konsumer. Di Internet, Joel menandaskan bahwa tidak ada
orang yang benar-benar hanya mengkonsumsi. Mereka juga memproduksi. Joel
mencontohkan media sosial seperti Facebook. Di Facebook, pengguna tak
hanya mengkonsumsi informasi, tapi juga memproduksi informasi. Demikian
juga dengan di media-media sosial lainnya.
3. Conversations
Internet saat ini menyuguhkan ruang-ruang interaktif bagi
penggunanya. Di mana-mana, orang melakukan percakapan. Joel menyatakan
sebaiknya pewirusaha juga terlibat dalam percakapan tersebut. Joel
menandaskan salah satu cara membangun bisnis adalah dengan menciptakan
percapakan atau bergabung dalam percakapan atau menjadi bahan
percakapan. Joel mencontohkan percakapan di kanal-kanal sosial, seperti
blog, forum online, podcast, Twitter, Facebook, dan sebagainya. Joel
mengatakan sebuah percakapan bisa menciptakan koneksi dan koneksi bisa
menciptakan komunitas.
4. Community
Komunitas merupakan audiens anyar bagi bisnis sekarang ini. Joel
mengatakan komunitas merupakan mata uang baru. Tidak hanya itu, ia juga
mengatakan komunitas merupakan media massa baru. Bagi Joel, berkomunitas
sudah merupakan kebutuhan hakiki manusia sebagai makhluq sosial. Dan, media kontemporer
memberikan kesempatan lebar untuk pemenuhan kebutuhan tersebut.Oleh karena nya jangan lupa membangun komunitas dan membuat branding diri kita dalam komunitas tersebut.Membangun komunitas ini bisa kita lakukan dalam forum-forum dan group-group yang ada disosial media dan sebagainya,sebagai contohnya adalah di NetworkedBlog
5. Commerce
Mau tidak mau, bisnis yang sehat harus selalu menghasilkan profit karena
memang demikian orang tujuan membuka bisnis. Joel mengatakan tidak ada salahnya
mendapatkan uang dari kanal-kanal online yang digunakan. Tapi, Joel
mengatakan tidak ada tempat di kanal online untuk berlaku curang agar
bisa mendapatkan uang. Joel juga menyarankan agar tidak melakukan direct
selling. Bagi Joel, dengan menambahkan nilai pada komunitas dan
membangun kepercayaan, pewirausaha bisa mendongkrak penjualan.
Setelah membaca postingan diatas saya harapkan anda memiliki gambaran yang jelas tentang langkah membangun enterpreneurship ,semoga sukses menapaki jalan sebagai seorang wirausaha baru dibidang anda masing-masing.
Tags : INTERNET MARKETING WIRAUSAHA