Jumat, Desember 09, 2011

Beberapa Kelebihan Blogspot dari Platform CMS Blog gratisan yang lain

Banyak sekali penyedia hosting dan domain gratisan yang bertebaran dinternet, mulai dari Wordpress, Bloigsome, multiply.com,blog,edublog,dan masih seambrek yang lainnya. Dalam memberikan layanan blog yang gratisan tentunya kita akan menemui kekurangan dan kelebihan masing-masing penyedia Blog gratisan ini.

Berangkat dari pengalaman penulis yang sudah mencoba berkali-kali untuk membuat blog gratisan, penyedia blog gratisan yang paling unggul didunia maya dan paling laris digunakan oleh banyak netter adal;ah Blogspot dan Wordpress.Kedua layanan blogs gratisan ini digunakan hamper sekitar 85 persen  blogger Indonesia baik dari kalangan yang newbie kayak penulis ini bahkan oleh para master-master blogger kita.
Dari keterangan dibeberapa forum, dan juga keluhan yang disampaikan di Forum Blog kedua penyedia blog gratisan itu, yang sangat menonjol di wordpress, adalah Blgos terkena suspend atau di banned, karena menyalahi ToS, dan penulispun juga mengalami sampai dengan lima kali kena banned, yang  empat di Freze selamanya yang satu tetap eksis yakni blog pertanian saya : UP FMA CAMPURDARAT.
Nah berangkat dari rasa sebel dan anyel ini penulis mencoba untuk belajar lagi menggunakan platform Blogspot dan belajar kepada para master tentang  bagaimana mempergunakan Content Management System yang ada di Blogspot, dibawah ini akan kami uraikan beberapa keunggulan Blogspot dari yang lain…..
 ( nggak usah disebutin yang nyebelin …bikin stress kalo inget masa lalu…..)
Bisa menggunakan Google Adsense dan Javascript.
Siapa yang tidak tahu Google Adsense adalah program pay per click (PPC) dari Google yang akan membayar kita ketika ada yang klik iklan di blog kita. Jika kita menggunakan blog dari blogspot kita akan bebas memasang kode adsense. Tentui saja apabila kita sudah dapat banyak pengunjkung, kemudian para produsen tertarik pasang iklan , baru kita dapatin itu duit.Kalau masih awal-awal gini ya…tolong sich jangan berharap banyak dulu…tingkatkan pagerank…baru cari iklan yang mau masuk ke kita .Percuma aja orang pasang iklan ke kita kalau Blogs kita nggak bermutu dan jarang diintip oleh netter lain. Begitu juga dengan javasript, javascript adalah script yang sudah terkenal dikarenakan bisa memberi nuansa lebih dinamis dan dapat membuat blog yang lebih interaktif. Hal ini akan berbanding terbalik jika kita memakai blog gratisan semisal wordpress.com yang tidak bisa menggunakan Adsense dan javascript, dan solusi bagi pengguna wordpress juga yaitu menginstal di self hosting.
Bisa pasang backlink sesuka hati kita termasuk yang dalam category affiliated marketing
Beberapa blog di WP saya yang lalu dibanned oleh Mr Anthony ( adminnya WP.com) karena dinyatakan bahwa blog saya mengandung banyak link-link yang berfungsi sebagai affiliated marketing ( penjualan berantaai ) diinternet. Wah…pada waktu itu sich saya nggak paham betul, asal copy-paste milik orang lain ,dan hasil nya beberapa menit kemudian “ Prepet-prepet- Doorrr” kena banned selamanya .Padahal waktu itu saya sedang mengcopas artikel seorang master yang bercerita tentang “ Indonesian scammer” yang jumlahnya lebih dari 600 situs .Di blogspot, kita bias pasang itu backlink tanpa harus was-was kena banned, karena di “ Suspend” ini adalah masalah terbesar seorang newbie,apa jadinya blog yang sudah kita bina selama berbulan-bulan hanya karena “ Nggak Paham ToS bahasa Inggris” kitra langsung kena TKO…ha…ha…ha…saran saya untuk newbie…harus belajar kedua-duanya dan kalau pengin main aman migrasi aja kesini ..lah….
Pembuatan yang sangat mudah dan cepat.
Untuk proses pembuatan blog di blogspot tidak memakan waktu lama karena cuma 3 langkah blog kita sudah jadi.
Serba Unlimited
Pada blog di blogspot kita mendapatkan unlimited bandwith (tanpa batas bandwith), Unlimited hosting space (tanpa batas hosting), Unlimited access (akses tanpa batas terutama akses kode HTML theme) .Ini memang kelebihan dari blog blogspot yang bagus, untuk pengguna wordpress versi free hanya di beri space 3 GB,kalau WP kita isi dengan link Video dari youtube…ampun dech…langsung penuh, saya pernah mencobanya di blog pertanian saya, untuk menerangkan kepada pembaca dalam bentuk video tutorial; yang saya link kan ke YOUTUBE ..langsung…”pet-pet-pet” hamper nggak bias dibuka, kemudian langkah saya langsung saya delete semua Videonya ,dan kemudian normal lagi. Apalagi kalau kita  yang menggunakan layanan self hosting, juga akan di batasi space dan bandwithnya tergantung web hosting, bahkan ukurannya hanya dalam diskspace MB saja….nggak muat dech kalau kita seorang blogger yang aktif….
Tanpa perlu penguasaan bahasa pemrograman.
Sebenarnya tanpa kita menguasai bahasa pemrograman kita juga bisa membuat blog. Seperti yang kita ketahui saat ini seperti layanan shoutbox untuk chat, kita tidak perlu susah-susah membuatnya sendiri,tapi tinggal copy paste kodenya dari pihak penyedia kode.
Bagus untuk orang yang suka ngoprek thema
Kelemahan dari pada WordPress adalah jika kita mau mengelola thema tema, maka kita harus upgrade dulu ke premium, dan itu membuat kita mengeluarkan biaya, berbeda dengan blogspot, mau diapakan terserah kita.Selain itu untuk mendapatrkan thema gratisan dari para master yang lain  kita mesti punya software untuk mengup-load thema baru kita .
Itu adalah beberapa kelebihan blog blogspot menurut duniabelajarblog.com untuk anda ingin mengatahui lebih dalam mengenai kelebihan dari blogspot, anda bisa mencobanya sendiri di www.blogger.com atau www.blogspot.com. mohon maaf jika ada kesalahan. Selamat Ngeblog!!
Dari sekian banyak kelebihan itu ada sedikit yang mungkin mengganggu dipikiran saya, tapi mungkin saya harus banyak belajar dari para master jikia kita menggunakan “ Blogspot” kita memerlukan banyak tenaga dan waktu untuk konsen kepada masalah “ SEO,Backlink dan Pagerank” saya rasakan, kekita saya berusaha mengalahkan blog lama saya yang tersuspend di WP, ketika saya hadapi dengan WP juga saya memerlukan waktu sekitar 125 jam, marathon, dan berhasil mengalahkan blog WP lama saya itu yang berumur tujuh bulan dan space terisi sekitar 540 MB, dan saat ini saya memerlukan waktu sekitar 350 jam , untuk bias mengalahkan WP lama pertama dan WP lama kedua, dengan nama yang sama… Bintang Antik Sejahtera….tapi mungkin saya keliru, nanging kenyataannya begitu…kita perlu belajar super keras tentang SEO,Backlink dan Pagerank jika main di platform Blogspot….
Semoga bermanfaat untuk kawan-kawan newbie.. senasib…

JIKA MEMERLUKAN PANDUAN LENGKAPNYA 
SAMPAI ANDA MENDAPATKAN $$$
SILAHKAN KLIK SAJA 

Disadur dari  berbagai sumber :Half off its, Dunia belajar blogs

Tags :