Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

CARA BERFIKIR LATERAL, SEBUAH KONSEP INOVASI

WIRAUSAHA
Berfikir lateral di terjemahkan sebagai  cara berfikir yang  zig-zag ,  membuat sebuah pemikiran yang berbeda dengan cara berfikir orang awam, mencoba berfikir tanpa pembatas-pembatas dan mencoba melahirkan sebuah ide baru dengan pola pikir yang berbeda dari pemikiran umum.
Ambil saja sebuah contoh berfikir lateral  tentang sebuah inovasi dalam sebuah bisnis restaurant,bedakan konsep berfikir umum dan konsep berfikir lateral dibawah ini:
Konsep berfikir umum pada sebuah bisnis restaurant :
a.      Restaurant biasanya adalah menyediakan berbagai macam menu pilihan untuk  pengunjung.
b.      Restaurant biasanya menyediakan piring dan gelas untuk penyajian  menu mereka .
c.       Restaurant biasanya menyediakan   tempat duduk di dalamnya, semisal meja dan kursi.
d.      Restaurant biasanya  sendok dan garpu,kadang kala pisau kecil , komplit untuk  menikmati menu yang dihidangkan .
e.      Restaurant biasanya hanya menyediakan menu untuk manusia saja .
f.        Restaurant biasanya memiliki sebuah gedung tertutup  dan  mebelernya  berkumpul dalam sebuah tempat, dan kita menikmati secara bersama-sama menu yang ada dalam sebuah ruangan tersebut .
g.       Restaurant biasanya memiliki pelayan-pelayan yang siap melayani apa –apa yang kita pesan.

OK sekarang saya ajak anda befikir  secara lateral , mencoba melahirkan sebuah konsep pemikiaran baru , dan menghilangkan kata-kata “ Biasanya “

a.      Bagaimana kalau kita bangun sebuah restaurant yang hanya menyediakan satu menu special saja ? dan bukan  bermacam-macam, sehingga kita bisa lebih efisien dalam persediaan  makanan , dan kita bisa dengan secara teliti dan  analisis yang “ special” untuk membuat resep ini. Fokus kita terhadap sebuah menu akan menghasilkan  kekuatan yang luar biasa  dalam sebuah pembangunan Brand image …?
b.      Bagaimana kalau restaurant kita hanya menyediakan daun jati dan daun pisang saja untuk wadah penyajiannya , dan kita bikin gelas- gelas marmer untuk mempercantik penampilan minuman yang kita sajikan , cukup inovatif bukan ? Ya,… tentunya gelas marmernya bisa pesan ke Bintang Antik Sejahtera …dong….
c.       Bagaimana kalau konsep meja kursi ini dibuat senatural mungkin , bukan kursi mebeler umum, akan tetapi memakai meja- kursi  dari mebeler dari bahan batuan,bisa dilihat contoh-contohnya disini.. sangat ekslusive , tampil beda dan mewah . Bisa pesan kekita tentunya … ( promosi Lagi…)
d.      Bagaimana kalau konsep sendok dan garpu ini diganti dengan tangan kososng aja, sehingga kita hanya menyediakan baskom untuk mencuci tangan saja , saya sarankan yang ini juga pake bahan marmer, agar terjadi sebuah layanan thematic, yakni restaurant uniq dengan ornament marmer… ha..ha…ha….( promosi Lagi…)
e.      Bagaimana kalau restaurant kita juga menyediakan menu makanan untuk hewan piaraan yang dibawa pengunjung kita ..?? menjadi sebuah konsep yang menarik khan…??
f.        Bagaimana kalau restaurant kita hanya menyediakan konsep ruangan terbuka, hanya berbentuk gazebo  yang terbuat dari kayu berbentuk pampang … dengan  jumlah gazebo yang banyak sehingga dalam sebuah rombongan hanya berkumpul disebuah gazebo saja dan tidak bercampur dengan pengunjung yang lain, karena mungkin saat makan direstaurant ini mereka juga ingin sebuah privasi atau sedang berlobi-lobi, sehingga membutuhkan kerahasiaan tertentu ..??
g.      Bagaimana kalau restaurant kita  tidak menyediakan  pelayan-pelayan , sehingga apa yang pengunjung inginkan  bisa mengambil sendiri-sendiri dalam sebuah tatanan menu,efisiensi tenaga kerja , dan juga member keleluasaan bagi pengunjung untuk menambah atau mengurangi porsi sesuai dengan ukuran makan mereka secara pribadi.

Sudahkah anda bisa menyimpulkan bagaimana restaurant yang kita inginkan dengan mempergunakan konsep berfikir lateral ini …?? Atau minimal anda sudah menemukan sebuah konsep tersendiri untuk diaplikasikan kedalam bisnis anda ..?? untuk Fashion , untuk mebeler, untuk toko buku kita, untuk gerai Seluller kita dan lain-lain,
Silahkan  berfikir seluas-luasnya , silahkan gali inovasi-inovasi dan berfikir tanpa ada batasan-batasan yang membelenggu pikiran anda , dengan  demikian maka anda akan menemukan  banyak ide-ide baru , banyak konsep -konsep luar biasa yang akan anda  lahirkan dan banyak sekali  discovery –discovery yang anda ciptakn. Bukankan  cara berfikir lateral ini selalu dilakukan oleh para penoreh sejarah didunia ini…

1.      Manusia biasa tidak bisa terbang  adalah landasan berfikir biasa, ketika manusia berfikir lateral maka kita akan berfikir bagaimana orang bisa terbang .
2.      Manusia maksimal kuat berada didalam air selama 10 menit, record dunia hanya selama 12 koma sekian detik, maka manusia akan berfikir bagaimana cara kita bisa berlama-lama didalam air.
3.      Manusia biasa tidak bisa pergi kebulan ,makanya mereka berfikir bagaimanacaranya pergi kebulan.

Dari 3 contoh diatas, maka akan muncul ide-ide dengan berfikir lateral bagaimana caranya untuk:  saya menggaris bawahi dan mencetak tebal  kata bagaimana  karena erat kaitannya antara berfikir lateral ini dengan cara berfikir yang memiliki pola bagaimana, orang yang maju selalu berfikir dengan pola “ Bagaimana caranya,Nach penggabungan pola berfikir  lateral dan cara berfikir pola bagaimanaini akan menjadikan anda sesorang yang memiliki originalitas dan tentunya akan menjadikan anda seseorang yang besar dengan ide-ide besar serta penemuan-penemuan yang besar pula.Selamat mencoba menerapkan dalam bisnis anda masing-masing.

INGAT JANGAN PERNAH MEMBATASI PEMIKIRAN ANDA SENDIRI, DENGAN MEMBELENGGU OTAK KITA DALAM KOTAK PENJARA PEMIKIRAN BIASA, SEANDAINYA ANDA TETAP LAKUKAN HAL TERSEBUT MAKA KITAPUN AKAN TETAP MENJADI MANUSIA YANG BIASA-BIASA SAJA  DAN TETAP HIDUP SEPERTI BIASA SAJA.


MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Bagikan artikel ini..!!

0 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami