Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

SEBUAH KESADARAN UNTUK MEMBANGUN KEKAYAAN

MANAGEMENT ENTERPRENEUR
Setiap manusia memiliki keinginan untuk menjadi kaya, akan tetapi banyak sekali diantara kita yang tidak tahu tentang bagaimana cara mebangun sebuah jesadaran untuk menjadi orang kaya, Ada sebuah  rumus yang wajib dipegang dalamkonsep ini, jika kita tidak dengan sadar membangun  kekayaan maka yang terjadi sebenarnya adalah kita sedang tidak sadar  membangun sebuah kemiskinan. Itulah yang terjadi.Maka dari itu sebuah kesadaran untuk membangun sebuah kesadaran adalah fondasai  utama dalamkonsep membangun sebuah kekayaan.Konsep dalam awareness untuk membangun sebuah kekayaan , terdiri dari :
1.       SIMPLICITY   ( KESEDERHANAAN )
Langkah awal dalam konsep membangun kekayaan ini adalah kesederhaanaan , kesederhanaan ini  dikandung maksud menyederhanakan segala sesuatu yang berkaitan dengan pengeluaran –pengeluaran dan biaya-biaya yang kita keluarkan , baik itu dalam hal kebutuhan keluarga maupun kebutuhan-kebutuhan yang berkaitan dengan bisnis kita. Konsep ini didasari dari teory fungsi dan gengsi.Jika seseorang dapat memilih dan memilih antara konsep fungsi dan gengsi , tentunya akan semakin mudah kita menumbuhkan kesadaran untuk membangun kekayaan .Kita ambil sebuah contoh saja :
Kebutuhan berbisnis on-line  kita  adalah sebuah computer , jika kita berbicara  tentang fungsi dan gengsi, maka kita akan mempertimbangkan banyak hal tentang kebutuhan yang riil dari sebuah computer  keperluan kita dalam bebrbisnis ini. Jika kita memasuki sebuah took computer maka kita akan  dapati varian –varian produk computer yang beraneka ragam dan bervariasi harganya. Dari yang harga  1,5 Juta sampai dengan 15 juta rupiah ..jika berfikir tentang fungsi ,maka kita akan mencatat bahwa computer yangkita perlukan adalah dengan spesifikasi demikian dan demikian , jika kita membeli sebuah computer untuk kebutuhan sebuah kantor , maka  harga yang standart layak dipakai mungkin adalah kisaran 4 _ 5 Juta saja, akan tetapi  jika kita membeli sebuah computer dengan didasari dengan gengsi maka  tidak menutup kemungkinan kita akan mebeli sebuah computer yang berharga 15 juta. Ini lah terjemahan dari sebuah fungsi dan gengsi .
Seperti halnya kita membutuhkan sebuah kendaraan   untuk keperluan menjemput anak kita disekolah , jika kita berfikir tentang fungsi , maka kita hanya memerlukan sebuah speda motor seharga 12 juta saja untuk antar –jemput anak kesayangan kita, akan tetapi ketika kita bicara tentang gengsi ketika kita bertemu dengan wali murid yang lain , maka tidak menutup kemungkinan kita mengeluarkan uang ratusan juta untuk membeli kendaraan yang lain yang berorientasi gengsi, mobil mewah misalnya,dengan dua gambaran terjemahan  diatas, kesederhanaan sebuah pengeluaran akan menekankan pada sebuah fungsi kebutuhan kita , dan bukan pada gengsi atas sebuah pengeluaran
2.       MENINGKATKAN IN COME
Jelas, jika kita ingin kaya maka kita harus berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan income Krena tanpa meningkatkan in come maka yang terjadi hanyalah sebuah hayalan kekayaan saja. Bekerja lebih keras, berusaha lebih cerdas, berusaha lebih efektif, berusaha lebih efisien, diferensial usaha , dan berusaha untuk mencari tambahan penghasilan yang lain. Mungkin itulah cara-cara meningkatkan income kita.
3.       PENINGKATAN IN SAVING
Konsep ketiga adalah peningkatan pada saving atau tabungan kita. Karena kita memerlukan banyak uang unutuk menjadikan diri kita sebagai pribadi yang  bisa bertahan dalam keadaan yang sulit, tabungan berfungsi sebagai  suspense dalam kehidupan kita.Karena  jalan sebuah kehidupan tidak selamanya lapang dan lengang, karena jalan kehiudpan ini tidak selamanya melewati jalan hot-mix ,akan tetapi kehidupan ini kadangkalamenemui jalan yang terjal dan juga mac_adam dan berlubang. In Saving berfungsi sebagai suspense ketika kita menemui kesulitan-kesulitan yang memerlukan dana.
Bisakah anda membayangkan bagaimna kegundahan dan kebingungan kita saat kita perlu membeli sebuah sebuah sparepart kendaraan kita, akan tetapi pada saat itu kita tidak memiliki uang sama sekali ?? padahal pada saat itu kita memerlukannya dalam waktu itu juga karena kejar target pengiriman?? Saat kita memerlukan suspense kebutuhan dana seperti ini maka  akan lebih mudah kiranya  kalau kita memiliki cukup dana dalam tabungan kita.
Dalam sebuah tata keuangan keluarga ,tabungan ini bukan hanya pada bentuk sebuah rekening  atau penyimpanan cash saja. Akan tetapi bisa jadi dalam bentuk arisan, asal bukan arisan yang berteknik   Pyo, yakni teknik memberikan sejumlah kompensasi kepada peserta lain untuk mendahulukan giliran tarikan  arisan kita .KArena yang terjadi dalam arisan jenis Pyo ini memiliki kesamaan dengan “bridging “ dan ketika kita mengkalkulasi kompensasi ini , biasanya harga yang harus kita bayar lebih besar  daripada bunga-bunga di bank.Maka  arisan seperti ini sewajarnya kalau kita hindari,meskipun kita mengikuti arisan jenis ini bertujuan tidak untuks ditarik diawal-awal, arisan ini memiliki sebuah “high risk potencial “
Saya teringat pesan master tata keuangan Indonesia , Bapak Safir Senduk, “ tidakpenting berapa besar penghasilan anda saat ini, yang terpenting adalah seberapa besar yang mampu anda tabung saat ini”  sebuah konsep yang terpenting dalam mengelola  keuangan kita, baik secara pribadi, keluarga, atau keuangan dalam bisnis kita .
4.       PENINGKATAN DALAM INVESTASI
Bagaimana Perbedaan antara Bisnis dan Investasi ? Bisnis adalah usaha yang kita ada didalamnya dan kita menjalankannya,sedangkan investasi adalah peluang usaha yang kita masuki dikemudian hari. Investasi adalah berorientasi pada pengembangan pada bisnis-bisnis  yang lain, ketika ada sebuah peluang dan kita mengambil kesempatan ini maka itulah sebuah investasi yang kita masuki.Peningkatan dalam investasi pada akhirnya adalah untuk meningkatkan pendapatan atau income kita secara leverage atau orang biasa menyebut sebagai pasiveincome, dimana kita akan memperoleh penghasilan secara terus menerus  ,dimana kita tidak perlu untuk melakukan sesuatu didalamnya.Investasi yang biasa dilakukan antaralain: membuat kost-kostan,menyewakan ruko dan toko-toko,membuat sarang wallet dan sebagainya.
Nah empat konsep diatas harus  selalu kita pahami dan kita jalankan dalam sebuah keinginan untuk membangun sebuah kekayaan, baik itu kekayaan sebuah pribadi,kekayaan sebuah bisnis ataupun kekayaan sebuah Negara, dalam konteks berbangsa dan bernegara . Jika kita tidak dengan sadar membangun  kekayaan maka yang terjadi sebenarnya adalah kita sedang tidak sadar  membangun sebuah kemiskinan.
Disarikan dari:  Rich Class IIBF,
Bpk Heppy Trenggono,M Kom
United Balimuda,KETUM IIBF Pusat.


MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Bagikan artikel ini..!!

0 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami