Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

KERAJINAN MAKAM KIJINGAN DAN BATU NISAN .

Sejarah Munculnya Pemakaman dan Penanda Kubur.
Makam atau pemakaman adalah sebuah tradisi penanda bagi kuburan  bagi seseorang yang telah meninggal dunia. Dari zaman kezaman pemakaman ini telah dikenal oleh sejarah manusia,bahkan dalam waktu  ribuan tahun sebelum masehi , tradisi memberi tanda pada  kuburan sesorang  ini telah dikenal, bahkan dimasa pra sejarah pun telah ada. Seperti halnya kita menegenal istilah Dolmen dan Menhir, dolmen sebagai kotakmakam dari batuan dan Menhir biasanya sebagai tiang pancang pemakaman tersebut. Sebut saja makam para raja di Mesir,
yang ditandai dengan pembangunan Piramida-piramida raksasa. Juga dengan Candi-candi yang biasanya juga merupakan petilasan pekuburan para Raja-raja diJawa.Tradisi ini sudah sangat tua, dan jika kita meruntut sejarah tradisi pemakaman dan penandaan ini sudah dikenal sejak zaman Nabi Adam As,kita ingat sejarah Qobil yang telah membunuh adiknya  yakni Habil, disitu digambarkan bagaimana cara memakamkan manusia lain, dengan member tanda dengan ranting dahan setelah pemakaman  ini selesai.
Demikian juga kami ,pengrajin marmer Tulungaagung, mendapatkan inspirasi besar dalam prospek produk ini,pemakaman atau  didaerah kami lazim disebut dengan kijingan , merupakan produk tertua yang  tak lekam dimakan zaman, bahkan semakin berkembang dengan munculnya inovasi model dan design.Pada awal sejarah perkembangan marmer Tulungagung, kijingan ini masih terbuat dari semen dan traso atau pecahan batuan yang kemudian dicetak sehingga terbentuk makam, sepertihalnya didaerah-daerah lain , pelopor technology cetak teraso ini adalah Tulungagung juga. Karena  yang memperkenalkan bahan-bahan tersebut awalnya adalah warga kami juga. Setelah tegnology  pengolahan marmer ini mengenal Disk grinder . mesin gergaji besar dan tegnology lem resin , sebagai mana sekarang , warga kami semakin banyakberkreasi dengan model-model yang menarik dan sangat elegant.
Memang untuk beberapa kalangan Orang yang beragama Moeslem ,pemakaman yang ditinggikan ini masih menjadi kontroversi dalam bidang fiqiyyah, antara yang   memperbolehkan dan yang mengharamkan ,ini disiasati pengrajin kami dengan menciptakan produk batu nisan saja, sehingga tidak memerlukan pembangunan dipekuburan , dan penanda ini batu nisan ini sebagai pengingat bagi keluarga, agar tidak salah tempat ketika menziarahi makam anggota keluarga mereka, yakni dengan memberikan batu nisan yang lain dengan yang dipakai oleh warga disekitar, maklum ketika dipemakan terdapat ratusan makam sehingga seringkali kita terlupa lokasi pemakaman keluarga kita.
MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Bagikan artikel ini..!!

0 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami