Hub Kami : ( 085 )779 188 529
Senin - Sabtu : 09.00 - 22.00

SENAM OTAK,RELAKSASI SETELAH BEKERJA KERAS

http://bodinlingga.blogspot.com/
Sedikit Relaksasi buat Otak Kita
      SENAM OTAK_Siapapun kita tentu saja tahu,bahwa otak adalah sentral urat-syaraf kita, sebagai koordinator seluruh anggota badan yang lainnya,tentu saja peran vital otak kitapun juga memerlukan perawatan,setelah kita bekerja keras sepanjang hari.Kebutuhan relaksasi otak kita tentunya sangat diperlukan, apalagi kalau kita adalah orang yang bekerja dengan banyak sekali pemikiran-pemikiran dan  tentunya memforsir energy otak kita.Kalau kita merasa capek dan penat dengan segala permasalahan dan segala problema yang ada dikepala anda, mari kita sedikit rileks dan menghibur otak kita dengan langkah-langkah sederhana dibawah ini.Tentu saja saya hanya mengadopsi hasil riset para pakar dan bukan hasil pemikiran sendiri,biar nggak dikatakan sebagai orang yang sok tahu....He...he..he..
      Menurut Dr. Ruswaldi Munir, Sp.KO, kebugaran otak didapatkan jika aliran darah ke otak lancar atau pasokan V O2 max-nya memadai. "V O2 max adalah kemampuan ambilan oksigen oleh jantung dan paru-paru, sehingga aliran darah ke semua jaringan tubuh termasuk ke otak akan lebih banyak. Hal ini memungkinkan otak bekerja optimal," jelas staf pengajar pada program studi Ilmu Kedokteran Olahraga FKUI ini.

Agar otak mendapatkan pasokan V O2 max, maka olahraga adalah jawabannya. Olahraga secara umum dipastikan mampu meningkatkan pasokan V O2 max ke otak. Yang juga tak kalah pentingnya untuk mengaktifkan bagian-bagian otak adalah melakukan senam otak. Fungsi optimalisasi otak akan terjaga, karena mendapat rangsangan terus-menerus.
        Ada cara yang mudah dan murah yang ditawarkan Dr. Ruswaldi Munir Sp.KO., untuk melatih kebugaran otak Anda.  Panduan gerakan senam kebugaran otak ini cukup dilakukan dalam waktu singkat, yaitu tujuh menit. Anda boleh melakukan kapan dan di mana saja.   
1. Sebelum bersenam, minumlah air putih secukupnya.
2. Lakukan pernapasan perut, bisa sambil duduk atau telentang. Letakkan tangan di atas perut, kemudian tarik napas sehingga perut terasa mendorong telapak tangan ke depan. Jika dilakukan sambil tidur bisa meletakkan buku di atas perut. Lakukan pernapasan 2-8 kali.
3. Lakukan gerakan menoleh ke kiri dan kanan secara pelahan, sambil memijit titik-titik di sekitar dada dan perut, selama 4-8 kali pernapasan.
4. Hook-Ups, terdiri dari dua bagian. Pertama, lakukan pernapasan 4-8 kali. Tubuh harus dalam kondisi betul-betul rileks. Cara kedua, letakkan kaki rata di lantai. Ujung-ujung jari tangan saling bersentuhan sambil melakukan pernapasan 4-8 kali.
5. Mengkaitkan kedua tangan. Gerakan ini untuk mengintegrasikan otak. Rentangkan tangan selebar mungkin. Bayangkan otak bagian kiri dan kanan menjadi satu seperti Anda menyatukan dua tangan. Nikmatilah kesatuan ini sambil melakukan pernapasan 4-8 kali.
6. Titik positif. Sentuhlah titik-titik sekitar dahi sambil melakukan pernapasan 4-8 kali. Anda dapat menggunakan waktu ini untuk merencanakan kegiatan sehari.
7. Gerakan silang (cross crawl). Lakukan gerakan silang ini 10-25 kali untuk melengkapi senam menuju otak segar dan bugar. Ini juga merupakan gerakan minimal yang harus Anda lakukan, jika terpaksa tidak bisa melakukan enam gerakan awal di atas. 
        Semoga dengan langkah-langkah diatas, otak kita bisa menjadi fresh dan  bugar kembalio, selamat mencoba dan lakukanlah setiap anda merasa penat dengan segala beban yang ada di otak anda. Sukses selalu.

Bagikan artikel ini..!!

1 komentar :

Posting Komentar

Warning ..!!!! Spam Comment -live Link-Iklan berlebihan- akan kami hapus-Gunakan Form URL-Name ..biar aman,silahkan masukkan keyword anda dengan form comment tersebut -Terimakasih atas pengertiannya

Ada Pertanyaan? Silahkan hubungi customer service kami untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa/produk kami.Siap melayani anda untuk sekedar sharing atau pemesanan jasa kami 24/7.
Hubungi Kami